Kopi Luwak - Termahal Namun Digemari

Kopi Luwak - Termahal Namun Digemari

Konsultan kopi dari Laboratprium Tamp Tamp Coffe di New York, Michael Peter mengatakan, perut luwak mengandung asam yang membuat cita rasa biji kopi unik. Karena pengolahan yang unik, 1 pon atau sekitar setengah kilogram biji kopi Luwak berharga mahal, bisa mencapai US$340-400,

Sebelumnya, Oprah Winfrey dalam salah satu episode talkshow-nya akhir tahun lalu, di Amerika, secangkir kopi luwak dihargai mencapai sekitar US$50 (sekitar Rp 500 ribu).

Dan, dalam kemasan dijual sekitar US$6000 (sekitar Rp 60 juta) per 4,5 kg. Itulah sebabnya kopi ini dijuluki kopi termahal di dunia.

Kopi yang berasal dari kotoran luwak (Paradoxurus hermaphroditus) -- hewan sejenis kucing -- itu 'dinobatkan' sebagai kopi termahal di kota berjuluk Big Apple itu.

Sementara beberapa orang menyesap dengan nikmat kopi unik ini, di kedai-kedai kopi seperti Porto Rico di West Village -- stok kopi Luwak datang seminggu sekali.

"Pada awalnya saya tidak mau menerimanya. Saya pikir, dilihat dari asal kopinya, itu kotor," kata kata pemilik Porto Rico, Peter Longo, 58, seperti dimuat laman New Kerala, 27 Juli 2010.

Stand Indonesia di "56th Summer Fancy Food Show 2009"  ramai didatangi pengunjung Jacob K. Javits Center yang ingin mengenal berbagai produk asli Indonesia. Diantara aneka produk yang menarik perhatian pengunjung adalah Kopi luwak Indonesia. Stand Indonesia juga menampilkan berbagai snack, permen istimewa, mie instan dan bumbu instan masakan khas Indonesia.

Wakil dari PT Indodairy Continental yang membawa produk Kopi Luwak secara khusus telah diwawancarai oleh sebuah televisi lokal. Selain itu, executive Chef sebuah lembaga tinggi, yang tengah berpameran di anjungan Kanada, juga menyempatkan diri untuk mencoba kopi Indonesia ini. Chef tersebut menyatakan kekagumannya terhadap aroma khas dan kelembutan cita rasa kopi yang diproses secara natural ini.

You Might Also Like

1 comments

  1. kopi luwak memang istimewa, tak salah lagi bila penggila kopi terus memburunya..

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.